cara setting dns 1.1 1.1 di android

Pendahuluan

Salam Sobat Android! Selamat datang di artikel kami kali ini yang akan membahas cara setting DNS 1.1.1.1 di Android. DNS atau Domain Name System adalah sistem yang menghubungkan alamat IP dengan nama domain sehingga kita bisa mengakses website menggunakan nama domain yang lebih mudah diingat. DNS 1.1.1.1 adalah salah satu DNS yang diklaim sebagai DNS tercepat dan teraman di dunia.

Di era digital saat ini, internet telah menjadi kebutuhan penting bagi kebanyakan orang. Namun, terkadang kita mengalami masalah koneksi internet yang lambat. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan koneksi internet adalah DNS yang digunakan. Oleh karena itu, dengan menggunakan DNS 1.1.1.1, kita dapat mengoptimalkan koneksi internet di perangkat Android kita.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah cara setting DNS 1.1.1.1 di Android secara detail. Kami juga akan mengulas kelebihan dan kekurangan menggunakan DNS 1.1.1.1 serta memberikan tabel berisi informasi lengkap tentang cara setting DNS 1.1.1.1 di Android.

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android

🔧 Langkah 1: Buka Pengaturan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda. Biasanya, ikon aplikasi Pengaturan berbentuk roda gigi.

🔧 Langkah 2: Pilih Opsi Jaringan dan Internet

Setelah membuka aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah dan temukan opsi “Jaringan dan Internet”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

🔧 Langkah 3: Pilih Opsi Wi-Fi

Pada halaman “Jaringan dan Internet”, pilih opsi “Wi-Fi” untuk mengakses pengaturan Wi-Fi.

🔧 Langkah 4: Pilih Jaringan Wi-Fi yang Digunakan

Di halaman pengaturan Wi-Fi, pilih jaringan Wi-Fi yang Anda gunakan dengan mengetuk nama jaringannya.

🔧 Langkah 5: Pilih Opsi “Ubah Jaringan”

Setelah memilih jaringan Wi-Fi yang digunakan, Anda akan melihat rincian jaringan Wi-Fi tersebut. Pada bagian bawah rincian jaringan, ketuk opsi “Ubah Jaringan”.

🔧 Langkah 6: Tampilkan Opsi Lanjutan

Setelah memilih opsi “Ubah Jaringan”, Anda akan melihat beberapa pengaturan tambahan. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Tampilkan Opsi Lanjutan”. Aktifkan opsi ini untuk melihat pengaturan DNS yang lebih lengkap.

🔧 Langkah 7: Atur DNS ke 1.1.1.1 dan 1.0.0.1

Setelah menampilkan opsi lanjutan, Anda akan melihat pengaturan DNS. Ubah pengaturan DNS menjadi “Statis” dan masukkan DNS utama ke 1.1.1.1 dan DNS kedua ke 1.0.0.1. Setelah itu, ketuk tombol “Simpan” untuk menyimpan pengaturan DNS.

Kelebihan dan Kekurangan Setting DNS 1.1.1.1 di Android

👍 Kelebihan Setting DNS 1.1.1.1 di Android

1. Kecepatan Tinggi: DNS 1.1.1.1 diklaim sebagai DNS tercepat di dunia, yang dapat meningkatkan kecepatan browsing dan streaming.

2. Privasi dan Keamanan: DNS 1.1.1.1 dirancang untuk melindungi privasi pengguna dengan menghapus data DNS setelah 24 jam dan mengenkripsi koneksi.

3. Mudah Digunakan: Proses setting DNS 1.1.1.1 di Android sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

4. Tersedia Gratis: DNS 1.1.1.1 dapat digunakan secara gratis tanpa biaya berlangganan.

5. Kompatibilitas yang Luas: DNS 1.1.1.1 kompatibel dengan berbagai perangkat dan sistem operasi, termasuk Android.

6. Dukungan Teknis yang Baik: Cloudflare, perusahaan di balik DNS 1.1.1.1, memiliki tim dukungan teknis yang siap membantu pengguna jika mengalami masalah.

7. Menyediakan Fitur Tambahan: Selain kecepatan tinggi, DNS 1.1.1.1 juga menyediakan fitur tambahan seperti blokir iklan dan perlindungan dari serangan DDoS.

👎 Kekurangan Setting DNS 1.1.1.1 di Android

1. Tidak 100% Terjamin: Meskipun diklaim sebagai DNS tercepat, kecepatan yang Anda dapatkan masih tergantung pada koneksi internet yang Anda gunakan.

2. Tidak Tersedia di Beberapa Negara: DNS 1.1.1.1 mungkin tidak tersedia di beberapa negara karena pembatasan hukum atau kebijakan.

3. Membutuhkan Koneksi Internet: Untuk menggunakan DNS 1.1.1.1, Anda perlu terhubung ke internet.

4. Memerlukan Pengaturan Manual: Proses setting DNS 1.1.1.1 di Android memerlukan pengaturan manual yang mungkin membingungkan bagi beberapa pengguna.

5. Tidak Menjamin Keamanan Penuh: Meskipun DNS 1.1.1.1 menyediakan enkripsi koneksi, Anda tetap perlu menggunakan protokol keamanan lain seperti VPN untuk perlindungan yang lebih baik.

6. Kemungkinan Terkena Pemblokiran: Beberapa penyedia layanan internet atau jaringan mungkin memblokir akses ke DNS 1.1.1.1.

7. Tidak Ada Fitur Parental Control: DNS 1.1.1.1 tidak menyediakan fitur parental control untuk mengatur akses internet bagi anak-anak.

Tabel Informasi Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android

No. Langkah Keterangan
1 Buka Pengaturan Membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Android
2 Pilih Opsi Jaringan dan Internet Mengakses opsi “Jaringan dan Internet” di Pengaturan
3 Pilih Opsi Wi-Fi Masuk ke pengaturan Wi-Fi di Pengaturan
4 Pilih Jaringan Wi-Fi yang Digunakan Memilih jaringan Wi-Fi yang sedang digunakan
5 Pilih Opsi “Ubah Jaringan” Mengubah pengaturan jaringan Wi-Fi
6 Tampilkan Opsi Lanjutan Melihat pengaturan DNS yang lebih lengkap
7 Atur DNS ke 1.1.1.1 dan 1.0.0.1 Mengubah pengaturan DNS menjadi 1.1.1.1 dan 1.0.0.1

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa itu DNS 1.1.1.1?

DNS 1.1.1.1 adalah salah satu server DNS yang dikelola oleh Cloudflare, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat. DNS ini diklaim sebagai salah satu DNS tercepat dan teraman di dunia. Dengan menggunakan DNS 1.1.1.1, Anda dapat meningkatkan kecepatan dan keamanan koneksi internet Anda.

2. Apa keuntungan menggunakan DNS 1.1.1.1 di Android?

Ada beberapa keuntungan menggunakan DNS 1.1.1.1 di perangkat Android Anda:

  • Kecepatan tinggi: DNS 1.1.1.1 diklaim sebagai DNS tercepat di dunia, sehingga dapat meningkatkan kecepatan browsing dan streaming Anda.
  • Privasi dan keamanan: DNS 1.1.1.1 dirancang untuk melindungi privasi pengguna dengan menghapus data DNS setelah 24 jam dan mengenkripsi koneksi.
  • Mudah digunakan: Proses setting DNS 1.1.1.1 di Android sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.
  • Tersedia gratis: Anda dapat menggunakan DNS 1.1.1.1 secara gratis tanpa biaya berlangganan.
  • Kompatibilitas yang luas: DNS 1.1.1.1 kompatibel dengan berbagai perangkat dan sistem operasi, termasuk Android.
  • Dukungan teknis yang baik: Cloudflare, perusahaan di balik DNS 1.1.1.1, memiliki tim dukungan teknis yang siap membantu pengguna jika mengalami masalah.
  • Fitur tambahan: Selain kecepatan tinggi, DNS 1.1.1.1 juga menyediakan fitur tambahan seperti blokir iklan dan perlindungan dari serangan DDoS.

3. Bagaimana cara mengetahui apakah DNS 1.1.1.1 sudah aktif di perangkat Android?

Untuk memastikan apakah DNS 1.1.1.1 sudah aktif di perangkat Android Anda, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Pilih opsi “Jaringan dan Internet”.
  3. Pilih opsi “Wi-Fi”.
  4. Pilih jaringan Wi-Fi yang digunakan.
  5. Pilih opsi “Ubah Jaringan”.
  6. Gulir ke bawah dan pastikan pengaturan DNS sudah diubah menjadi 1.1.1.1 dan 1.0.0.1.

4. Apakah DNS 1.1.1.1 dapat digunakan di semua perangkat Android?

Ya, DNS 1.1.1.1 dapat digunakan di semua perangkat Android. Namun, ada beberapa perangkat yang memerlukan akses root untuk mengubah pengaturan DNS secara manual. Sebaiknya, pastikan perangkat Anda mendukung pengaturan DNS manual sebelum mencoba menggunakan DNS 1.1.1.1.

5. Apakah ada risiko menggunakan DNS 1.1.1.1 di Android?

Tidak ada risiko yang signifikan dalam menggunakan DNS 1.1.1.1 di Android. Namun, seperti penggunaan layanan internet lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Koneksi internet yang lambat: Meskipun DNS 1.1.1.1 diklaim sebagai DNS tercepat, kecepatan koneksi internet Anda tetap tergantung pada faktor lain seperti kecepatan dan stabilitas jaringan Anda.
  • Pemblokiran akses: Beberapa penyedia layanan internet atau jaringan mungkin memblokir akses ke DNS 1.1.1.1. Jika Anda mengalami masalah tersebut, Anda dapat mencoba menghubungi penyedia layanan internet Anda atau menggunakan DNS alternatif.
  • Perlindungan keamanan: Meskipun DNS 1.1.1.1 menyediakan enkripsi koneksi, Anda tetap perlu menggunakan protokol keamanan seperti VPN untuk perlindungan yang lebih baik.

6. Apakah ada alternatif DNS selain 1.1.1.1?

Ya, ada beberapa alternatif DNS yang dapat Anda gunakan selain 1.1.1.1, seperti:

  • Google Public DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4)
  • OpenDNS (208.67.222.222 dan 208.67.220.220)
  • Cloudflare DNS (1.0.0.1 dan 1.1.1.1)
  • Quad9 (9.9.9.9 dan 149.112.112.112)

7. Apakah saya perlu mengubah pengaturan DNS di perangkat Android saya?

Tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda mengalami masalah koneksi internet yang lambat atau ingin meningkatkan kecepatan dan keamanan koneksi Anda, mengubah pengaturan DNS menjadi DNS 1.1.1.1 dapat menjadi solusi yang baik. Namun, jika Anda merasa puas dengan koneksi internet yang Anda miliki saat ini, tidak ada keharusan untuk mengubah pengaturan DNS.

Kesimpulan

Setelah memahami langkah-langkah cara setting DNS 1.1.1.1 di Android dan mengenal kelebihan serta kekurangannya, Anda dapat memutuskan apakah ingin mengubah pengaturan DNS di perangkat Android Anda. DNS 1.1.1.1 dapat meningkatkan kecepatan dan keamanan koneksi internet Anda, namun tetap perlu diperhatikan bahwa kecepatan internet yang Anda dapatkan juga tergantung pada faktor lain seperti kecepatan dan stabilitas jaringan Anda. Jika Anda ingin mencoba menggunakan DNS 1.1.1.1, ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di artikel ini dan pastikan Anda memahami risiko dan keuntungan yang terkait. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Kata Penutup

Demikianlah artikel kami tentang cara setting DNS 1.1.1.1 di Android. Kami harap artikel ini dapat memberikan informasi dan panduan yang berguna bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman Anda menggunakan DNS 1.1.1.1, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah membaca dan semoga sukses dalam mengoptimalkan koneksi internet Anda!

Related video of Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android