Inilah Cara Membuat PowerPoint Untuk Pemula

Diposting pada

Cara Membuat PowerPoint Untuk Pemula – Di masa pandemi seperti saat ini kegiatan penyampaian informasi banyak dilakukan secara daring.

Presentasi menjadi kegiatan rutin bagi sebagian orang. Namun tak jarang, membuat powerpoint masih menjadi hal baru bagi beberapa orang. Lalu, bagaimana cara membuat powerpoint untuk pemula?

Pada kesempatan kali ini InternetKu akan memberikan informasi terkait dengan bagaimana cara membuat powerpoint untuk pemula yang mana mungkin saja bisa berguna untuk Anda.

Cara Membuat PowerPoint untuk Pemula

Cara Membuat PowerPoint untuk Pemula
Cara Membuat PowerPoint untuk Pemula

Pertama-tama pastikan aplikasi Microsoft PowerPoint sudah terinstall pada PC Anda. Selanjutnya mulai buka aplikasi tersebut.

  1. Setelah aplikasinya berjalan maka tampilan awal yang muncul adalah berbagai macam template yang bisa Anda pilih. Namun, sebaiknya Anda memilih blank presentation.
  2. Setelah mengetuk pilihan blank presentation maka akan muncul tampilan putih polos. Pada tahap ini Anda bebas menentukan konsep powerpoint yang ingin Anda tampilkan.
  3. Cara membuat powerpoint untuk pemula selanjutnya yakni dengan mengetik judul presentasi pada kolom click to add title.
  4. Untuk mengatur/menyunting tampilan teksnya, Anda bisa memilih menu Home. Ketuk icon yang Anda butuhkan, misalnya untuk menebalkan teks, maka pilih icon bold.
  5. Untuk mengubah warna pada background, ketuk kanan pada mouse, pilih format background, ketuk fill color dan pilih warna yang Anda inginkan. Untuk mengubah background menjadi gambar, setelah format background pilih picture and texture fill, lalu pilih gambar yang Anda inginkan dengan insert picture from file.
  6. Untuk menambahkan gambar, video, audio, maupun grafik, Anda bisa pergi ke menu Insert dan pilih apa yang ingin Anda tambahkan.
  7. Setelah slide pertama sudah dirasa cukup, maka lanjutkan pekerjaan dengan menambahkan slide baru. Caranya dengan mengetuk menu New Slide.
  8. Maka akan muncul beberapa tipe slide yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, Kemudian pilih slide.
  9. Untuk mengisi slide baru caranya sama seperti pada tahap 3-6.
  10. Untuk membuat tampilan agar semakin menarik, Anda bisa pergi ke menu design dan memilih desain template yang terlihat keren menurut Anda.
  11. Untuk memberikan kesan bergerak, Anda bisa menambahkan transisi slide dengan mengetuk menu Transition.
  12. Jika ada slide yang ingin dihilangkan, arahkan mouse pada slide tersebut. Ketuk kanan mouse, lalu pilih delete slide.

Baca juga: 3+ Cara Menampilkan PPT di Zoom Secara Mudah

Advertisements

Hal Penting Dalam Pembuatan PowerPoint

Tampilan powerpoint yang menarik tentunya menjadi poin plus dalam kegiatan presentasi. Lantas, hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan powerpoint?

1. Bahas materi secara singkat dan padat

Hal ini bisa memangkas waktu presentasi menjadi lebih efisien.

2. Perhatikan pemilihan font

Font menjadi unsur penting dalam tampilan powerpoint. Sesuaikan ukuran font dengan jumlah audiens, jangan terlalu kecil tapi juga jangan terlalu besar. Gunakan jenis font yang mudah terbaca dari jarak jauh.

Baca juga: 8 Cara Presentasi di Google Meet Paling Gampang

3. Menggunakan grafik

Gunakan tambahan grafik untuk menjelaskan hal-hal yang berkenaan dengan hasil riset ataupun angka-angka.

Advertisements

4. Pilih warna secara cermat

Gunakan background dengan warna gelap jika Anda ingin menggunakan teks berwarna cerah, begitu pun sebaliknya. Hindari penggunaan warna kuning cerah pada teks Anda.

Sekian langkah-langkah dan tips yang perlu diperhatikan dalam pembuatan slide presentasi. Buatlah menjadi semenarik dan sekreatif mungkin. Jangan lupa perbanyak referensi untuk menambah inspirasi.

Terimakasih, semoga informasi terkait dengan cara membuat powerpoint untuk pemula yang InternetKu sampaikan ini bisa benar benar menambah pengetahuan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *