cara balikin file yang terhapus di android

Pendahuluan

Salam Sobat Android! Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda secara tidak sengaja menghapus file penting di perangkat Android Anda? Jika iya, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan file yang terhapus di Android. Dalam beberapa langkah sederhana, Anda akan dapat mengakses kembali file yang telah terhapus dan menghindari kehilangan data berharga. Jadi, mari kita mulai!

1. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

🔍 Salah satu cara terbaik untuk mengembalikan file yang terhapus di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pemulihan data. Ada berbagai aplikasi yang tersedia di Play Store yang dapat membantu Anda dalam proses ini. Beberapa aplikasi populer termasuk DiskDigger, EaseUS MobiSaver, dan Dumpster.

🔍 Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi pemulihan data, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Keterangan
1 Buka aplikasi pemulihan data yang telah diinstal di perangkat Android Anda.
2 Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan (misalnya foto, video, dokumen).
3 Tekan tombol “Mulai Pemindaian” untuk memulai proses pemindaian.
4 Tunggu hingga pemindaian selesai dan hasilnya ditampilkan.
5 Pilih file yang ingin Anda pulihkan dan tekan tombol “Pulihkan”.
6 Pilih lokasi penyimpanan baru untuk file yang dipulihkan.
7 Tunggu hingga proses pemulihan selesai dan file telah dikembalikan.

2. Menggunakan Google Drive

🔍 Jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi Google Drive di perangkat Android Anda, ada kemungkinan bahwa file yang terhapus masih dapat ditemukan di akun Google Drive Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mencoba mengembalikan file menggunakan Google Drive:

Langkah Keterangan
1 Buka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda.
2 Pilih ikon “Menu” (biasanya tiga garis horisontal) untuk membuka menu navigasi.
3 Pilih opsi “Sampah” dari menu navigasi.
4 Cari file yang ingin Anda pulihkan dalam daftar file yang terhapus.
5 Pilih file yang ingin Anda kembalikan dan tekan tombol “Pulihkan”.
6 Tunggu hingga proses pemulihan selesai dan file telah dikembalikan.

3. Menggunakan Aplikasi Pemulihan File Android

🔍 Selain aplikasi pemulihan data, ada juga aplikasi khusus yang dirancang untuk mengembalikan file yang terhapus di perangkat Android. Salah satu aplikasi yang populer adalah DiskDigger, yang dapat Anda unduh dan instal melalui Play Store. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini:

Langkah Keterangan
1 Buka aplikasi DiskDigger yang telah diinstal di perangkat Android Anda.
2 Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan (misalnya foto, video, dokumen).
3 Tekan tombol “Mulai Pemindaian” untuk memulai proses pemindaian.
4 Tunggu hingga pemindaian selesai dan hasilnya ditampilkan.
5 Pilih file yang ingin Anda pulihkan dan tekan tombol “Pulihkan”.
6 Pilih lokasi penyimpanan baru untuk file yang dipulihkan.
7 Tunggu hingga proses pemulihan selesai dan file telah dikembalikan.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Kelebihan

✅ Memungkinkan Anda mengembalikan file yang terhapus dengan cepat dan mudah.

✅ Tersedia berbagai aplikasi pemulihan data yang dapat diunduh dan diinstal secara gratis di Play Store.

✅ Dapat digunakan tanpa perlu menghubungkan perangkat Android Anda ke komputer.

✅ Beberapa aplikasi pemulihan data juga memungkinkan Anda untuk memulihkan file yang telah terhapus dari kartu SD eksternal.

✅ Menggunakan Google Drive sebagai opsi pemulihan dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus dengan mudah jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi dengan akun Google Anda.

✅ Aplikasi pemulihan file Android seperti DiskDigger dapat memulihkan berbagai jenis file, termasuk foto, video, dokumen, dan lainnya.

✅ Proses pemulihan file yang terhapus dapat dilakukan dengan cepat dan tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam.

Kekurangan

❌ Tidak semua file yang terhapus dapat dipulihkan, terutama jika perangkat Android telah digunakan secara aktif setelah file tersebut terhapus.

❌ Proses pemulihan file dapat memakan waktu tergantung pada ukuran dan jumlah file yang akan dipulihkan.

❌ Beberapa aplikasi pemulihan data mungkin memerlukan akses root pada perangkat Android untuk dapat berfungsi dengan baik.

❌ Tidak semua aplikasi pemulihan data yang tersedia di Play Store dapat diandalkan, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam memilih aplikasi yang akan digunakan.

Tabel Informasi Mengenai Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Jenis File Aplikasi Pemulihan Data Aplikasi Pemulihan File Android Google Drive
Foto
Video
Dokumen
Audio
File lainnya

Pertanyaan Umum (FAQ)

1. Apakah semua file yang terhapus di Android dapat dipulihkan?

Tidak semua file yang terhapus dapat dipulihkan, terutama jika perangkat Android telah digunakan secara aktif setelah file tersebut terhapus. Namun, dengan menggunakan aplikasi pemulihan data yang tepat, ada kemungkinan untuk mengembalikan sebagian besar file yang telah terhapus.

2. Apakah aplikasi pemulihan data memerlukan akses root pada perangkat Android?

Beberapa aplikasi pemulihan data mungkin memerlukan akses root pada perangkat Android untuk dapat berfungsi dengan baik. Namun, ada juga aplikasi pemulihan data yang dapat digunakan tanpa perlu akses root.

3. Apakah proses pemulihan file yang terhapus memakan waktu lama?

Proses pemulihan file dapat memakan waktu tergantung pada ukuran dan jumlah file yang akan dipulihkan. Semakin besar dan banyak file yang akan dipulihkan, semakin lama prosesnya akan berlangsung.

4. Apakah ada risiko kehilangan data saat menggunakan aplikasi pemulihan data?

Tidak, jika Anda mengikuti instruksi dengan hati-hati, tidak ada risiko kehilangan data saat menggunakan aplikasi pemulihan data. Namun, penting untuk memilih aplikasi pemulihan data yang terpercaya dan menghindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

5. Apakah aplikasi pemulihan data dapat memulihkan file yang telah terhapus dari kartu SD eksternal?

Ya, beberapa aplikasi pemulihan data juga memungkinkan Anda untuk memulihkan file yang telah terhapus dari kartu SD eksternal yang terpasang di perangkat Android Anda.

6. Apakah Google Drive dapat digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di Android?

Ya, jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi Google Drive di perangkat Android Anda, ada kemungkinan bahwa file yang terhapus masih dapat ditemukan di akun Google Drive Anda. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya untuk mengembalikan file tersebut.

7. Apakah aplikasi pemulihan file Android juga dapat memulihkan file yang terhapus dari perangkat internal?

Ya, aplikasi pemulihan file Android seperti DiskDigger dapat memulihkan file yang terhapus baik dari penyimpanan internal maupun dari kartu SD eksternal yang terpasang di perangkat Android Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara mengembalikan file yang terhapus di Android. Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data, Google Drive, atau aplikasi pemulihan file Android untuk melakukan proses ini. Meskipun tidak semua file yang terhapus dapat dipulihkan, Anda memiliki kesempatan untuk mengembalikan sebagian besar file yang telah terhapus jika Anda mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan. Jadi, jangan panik jika Anda menghapus file penting secara tidak sengaja, ikuti panduan ini dan pulihkan file Anda dengan mudah.

Semoga informasi yang telah kami berikan bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk mengajukannya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga berhasil dalam mengembalikan file yang terhapus di Android Anda!

Kata Penutup

Demikianlah artikel ini mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di Android. Penting untuk diingat bahwa pemulihan file tergantung pada berbagai faktor, termasuk waktu penggunaan setelah file terhapus dan jenis file yang hilang. Selalu pastikan untuk membuat cadangan data secara teratur dan berhati-hati saat menggunakan perangkat Android Anda.

Disclaimer: Informasi yang disediakan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang mungkin terjadi akibat penggunaan aplikasi pemulihan data atau tindakan yang diambil berdasarkan informasi dalam artikel ini. Penggunaan aplikasi dan tindakan yang diambil sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anda sendiri.

Related video of Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android